Berita


Banjir Rob di Pekalongan Rendam Dua Kecamatan, Ribuan Warga Terdampak

2020-06-18 15:46:32

Banjir rob yang terjadi di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyebabkan Jalan Kusuma Bangsa terendam air dengan ketinggian 30 hingga 50 centimeter. Selain itu, kantor kecamatan Pekalongan Utara, Koramil Pekalongan Utara, kantor perbankan, masjid di Kelurahan Krapayak dan jalan depan Kampus IAIN Pekalongan juga ikut terendam. Ketua RW 10 Kelurahan Panjang Baru Dani mengatakan, banjir merendam mengakibatkan rumah warga di pinggir pantai terendam.

Dia menambahkan, gelombang air laut lebih tinggi dibandingkan hari sebelumnya. "Gelombang air laut hari ini lebih tinggi dibandingkan, pada tanggal (1/6/2020). Ombaknya, kali ini lebih besar. Banyak warga yang melintas dengan kendaraan di jalan ini harus turun dan mendorong." katanya. Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengatakan, mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama Brimob Polda Jawa Tengah telah meninjau ke lokasi. "Kemarin saya ditelepon sama ketua RW bahwa ombak semakin tinggi. Setelah dicek memang benar ombak begitu besar. Ketinggian air juga lumayan tinggi sekitar 30 centimeter," kata Wakil Wali Kota Pekalongan Afzan. Pria yang akrab disapa Aap menambahkan, akibat gelombang tinggi ini aktivitas warga terganggu. "Kita belum menetapkan tanggal darurat, tentunya dengan gelombang semakin hari semakin tinggi akan dievaluasi kembali," ujar Aap.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2020/06/04/09083871/banjir-rob-di-pekalongan-rendam-dua-kecamatan-ribuan-warga-terdampak.